EXIT Jangan Lupa Klik Like Ya

Monday

TIPS CARA AGAR TERHINDAR BANYAKNYA HUTANG PIUTANG | Mengatur Manajemen Diri Salah Satu Cara Ampuh Terhindar Dari Utang


Tips Terhindar dari Hutang PiutangTIPS CARA AGAR TERHINDAR BANYAKNYA HUTANG PIUTANG | Mengatur Manajemen Diri Salah Satu Cara Ampuh Terhindar Dari Utang. Kendalikan utang anda sehingga hidup anda terkendali. Bagaimana cara anda keluar dari jeratan utang dan kembali ke jalur yang benar? Jangan sampai hidup anda tergantung kepada utang. Dengan begitu, anda sudah merusak aturan dasar dalam finansial, yaitu uang yang mengendalikan anda. Padahal, seharusnya anda yang mengendalikan uang. Beberapa tips di bawah ini, seperti dikutip dari CNBC, Senin (23/4/2012), mungkin bisa membantu anda supaya terbebas dari utang. [FOTO] FENOMENA PUNCAK  HUJAN METEOR MALAM INI 22 APRIL 2012 Puncak hujan meteor Lyrid menghiasi langit dan VIDEO PENEMUAN ARCA MANUSIA DI AIR TERJUN SUMSEL  Arca Manusia di Bebatuan Air Terjun.

1. Tutup kartu kredit dan mulai menyusun anggaran
Setiap keluarga yang terjerat utang sudah sepantasnya mulai menutup sumber utang utamanya, yaitu kartu kredit. Keluarga tersebut juga harus mulai terbiasa hidup dengan uang yang ada. Caranya, mulailah menyusun anggaran, mulai dari pendapatan hingga pengeluaran. Anggaran tersebut harus dipatuhi setiap hari, karena isinya harus mencakup keseluruhan pengeluaran, mulai dari belanja bahan pokok hingga anggaran ponsel dan hiburan. Ini sedikit contekan untuk anda, kebutuhan pokok rumah tangga 35% dari anggaran, utang 15%, kehidupan sehari-hari 25%, transportasi 15%, tabungan 10%.

 2. Kurangi utang secara bertahap
Cara paling cepat untuk terbebas dari utang adalah dengan membayar cicilan secara bertahap. Semakin besar cicilan yang anda bayar maka beban bunganya akan semakin kecil. Dengan bunga yang kecil maka anda tidak perlu khawatir akan membengkaknya tagihan. Jika memungkinkan, bicara dengan bank tempat anda berutang untuk mengurangi tingkat bunganya.

 3. Cari penghasilan tambahan
Lakukan segala upaya yang anda bisa untuk mendapatkan penghasilan tambahan supaya bisa lebih cepat membayar utang-utang anda. Cari pekerjaan sampingan yang tidak menggangu pekerjaan utama anda, seperti berjualan cemilan di kantor, memberikan les piano atau menjual masakan buatan sendiri. Atau mungkin beberapa ide yang lebih kreatif, seperti menjadi web desainer paruh waktu, perencana pesta, dan banyak lagi.

 4. Tentukan prioritas
Sementara anda berusaha menghapuskan utang sambil merencanakan masa depan, anda juga harus tahu mana yang jadi prioritas. Jangan sampai tujuan anda menghapuskan utang ternyata hanya untuk tujuan yang tidak penting. Contoh-contoh prioritas yang bisa anda kejar, yaitu biaya kuliah lanjutan, biaya bayi, uang muka rumah dan lain-lain. Bicarakan hal ini baik-baik dengan pasangan anda.

 5. Lunasi utang berbunga tinggi lebih dulu
Dalam mengurangi utang, anda bisa mulai dengan utang berbunga tinggi terlebih dahulu, jangan yang nilai utangnya paling banyak. Setiap anda punya uang lebih, lakukan hal ini terlebih dahulu daripada membelanjakannya untuk hal yang kurang penting. Pantau terus nilai utang anda, sehingga anda tahu berapa yan sudah lunas dan berapa sisanya. Jika sudah terbebas dari utang, mulailah menabung.

 6. Jangan keluar jalur
Terbebas dari jeratan utang tidaklah mudah, anda harus ingat juga jangan sampai utang tersebut terus meradang dan akhirnya bisa menghancurkan hidup anda. Anda harus bisa fokus pada anggaran yang sudah dibuat, jika sudah menikah, pasangan anda juga jangan sampai tidak disiplin dan keluar dari jalur. Selama anda memegang teguh pada rencana awal dan tetap dalam jalur, maka utang anda bisa segera lunas.

 7. Irit bukan berarti tidak boleh belanja
Dalam rencana mengurangi utang, anda harus ekstra irit, tapi bukan berarti anda tidak bisa belanja barang-barang non pokok. Tapi harus ingat, jika ada uang ekstra, pertama-tama harus dipakai untuk tambahan pelunasan utang, lalu kebutuhan pokok, terakhir baru kebutuhan lain-lain. Jika anda punya rencana lain, seperti akan menikah, atau sekolah lagi, jangan buru-buru membatalkan rencana itu, cari alternatif pendanaan yang lebih murah atau atur kembali anggaran supaya lebih sesuai.

 8. Berhenti makan di 'luar'
 Makan di 'luar' rumah selalu lebih mahal daripada memasak, dan lebih tidak sehat juga. Membuat masakan sendiri juga membuat anda lebih dekat dengan keluarga. Apalagi, setelah makan bersama anda bisa membicarakan banyak hal dengan seluruh anggota keluarga. Selain itu, jika anda menghidangkan makan malam di rumah dengan mengundang beberapa teman, maka biaya hiburan anda bisa sedikit dipangkas. Mahal tidaknya hidangan tidak menjadi masalah, yang paling penting silaturahmi.

 9. Atur manajemen diri
Anda harus mulai mengatur diri jika ingin terbebas dari utang. Mulailah dengan menyimpan seluruh berkas yang berkaitan dengan utang-utang anda, aturlah supaya tidak bercampur dengan berkas-berkas lain.

10. Rela menjual 'harta karun'
Kadang, untuk bisa terlepas dari utang, anda harus merelakan sesuatu yang anda rasa penting atau paling dicintai. Contohnya, koleksi benda antik, action figure, barang elektronik mahal yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan, dan lain-lain. Memang anda akan sedikit merasa sakit hati untuk melepas 'harta karun' tersebut, tapi semuanya demi tujuan yang lebih baik. Bahkan jika perlu, anda bisa menjual barang-barang yang cukup penting, seperti motor, mobil, perhiasan, perabotan atau apapun yang bisa dilakukan untuk menutup utang. Relakan saja demi hidup yang lebih baik.

TIPS CARA AGAR TERHINDAR BANYAKNYA HUTANG PIUTANG | Mengatur Manajemen Diri Salah Satu Cara Ampuh Terhindar Dari Utang, Tips Berhemat keuangan Agar Tidak Berhutang, Mengatur Manajemen Kuangan Pribadi, Boros Menimbulkan Rasa diri Untuk Menghutang  

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Paling Populer

Agnes Monica (4) AMI Awards 2012 (1) Android (20) Aneh (86) Antivirus (4) Barcelona (15) Bau Mulut (1) BBM (1) Beasiswa (22) Beasiswa Luar Negeri (1) Beasiswa Sampoerna (2) Beasiswa Sampoerna Bisnis S1 (1) Bedah Plastik (1) Berita Dunia (25) Berita Terbaru (1213) Biaya Bedah Plastik (1) Blackberry (24) BlackBerry Curve (3) BlackBerry Messenger (4) Bulu Tangkis (1) busana (1) Cara Cepat Hamil (1) celebrity (130) Cepat Terindex Google (1) Diet (11) Euro 2012 (7) Facebook (13) fashion 2012 (1) fenpmena (1) Film (2) Film Hollywood (11) Film I Am (1) Film Indonesia (2) Film Terbaru (2) finansial (2) food (2) Foto (250) Free Download (5) Gadget (26) Game (18) Gempa Bumi (15) Gempa Indonesia (10) Gerhana Bulan (2) Gol Suarez (1) Google (10) Grammy Awards (2) Gratis Software (4) Great Tips (8) Gunung Indonesia (1) Hacker (4) Harga Tiket (1) Hasil Undian Liga Champion (4) Honda (3) Horoskop (1) Horoskop Terbaru (1) HTC (5) IMAX (1) Indonesia Super League (1) Indonesian Idol (1) Info (12) Instagram (1) Internet (14) iPad (6) iPad 3 (2) iPhone (11) iPhone 5 (7) ISL (1) Jadwal Puasa (3) Justin Bieber (11) Kamera (2) Kartu Inafis (2) Karya Tulis Ilmiah (1) Kata Cinta (2) Kecantikan (39) Kesehatan (258) Komputer (8) Korea (196) Kuliner (1) Kumpulan SMS (1) Kurikulum Pendidikan (1) LA Light (1) Lady Gaga (13) Laruku (1) Lebaran (9) Lee Min Ho (1) LG Optimus (1) Liga BBVA (1) Liga Champions (26) Liga Europa (7) Liga Inggris (31) Liga Italia (16) Liga Jerman (1) Liga Primer Inggris (30) Liga Profesional PSSI (2) Liga PSSI (1) Liga Spanyol (32) Liga Super Indonesia (2) Lionel Messi (1) Lowongan Kerja (3) Lucu Aneh Ajaib (18) Manchester United (11) Metode Diet (2) MIVO TV Online (1) Mobil (1) MOTOGP (8) Motor (7) Music (65) new (1) New iPad (2) News (74) Nokia (3) Nokia 808 (1) Nokia Terbaru (1) Olahraga (4) Olimpiade 2012 (4) Otomotif (62) Papua (1) Peluang Usaha Dan Bisnis (1) Pemeras Operator (1) Pendidikan (22) Piala Dunia (4) Piala Eropa 2012 (2) Piala Liga 2012 (1) PILGUB DKI 2012 (2) Politik (29) PON XVIII Riau 2012 (1) Ponsel (18) Properti (6) Proposal Penelitian (1) Puasa Ramadhan (10) Ramalan (17) Ramalan Bintang (1) Ramalan Terbaru (1) Ramalan Zodiak (1) Samsung Galaxy (11) Seksual (2) Selamat Tahun Baru (1) Selebriti (140) SEO (2) Sepakbola (174) Serba Serbi (29) Smartphone (5) SMS (4) Sport (15) Super Junior (50) Syahrini (5) Tablet iPad (8) tekno (1) Teknologi (69) Telkomsel (1) Thomas Dan Uber Cup 2012 (1) Timnas Indonesia (5) tinju (1) Tips (321) Tips Langsing (32) Tips Mendidik Anak (26) Tips Merawat Anak (31) Toyota Avanza (6) Travel (2) TV Online (1) Twitter (14) Uero 2012 (2) Unik (160) Universitas Terfavorit 2012 (1) Video (296) Windows 8 (6) Xenia (2) Yahoo (1) Youtube (187)
Masih Proses...
Sponsored By :Berita Update Terbaru.