EXIT Jangan Lupa Klik Like Ya

Tuesday

INFO MENGENAI JENIS LAYAR DIGITAL, SPESIFIKASI & KELEBIHAN-KEKURANGANNYA | Kenali Lebih Dekat Jenis Layar Digital Anda (Plasma, OLED, LCD)

INFORMASI LAYAR DIGITALINFO MENGENAI JENIS LAYAR DIGITAL, SPESIFIKASI & KELEBIHAN-KEKURANGANNYA | Kenali Lebih Dekat Jenis Layar Digital Anda (Plasma, OLED, LCD). Ketika membeli ponsel cerdas, komputer meja (desktop) maupun tablet, kita sering mendengar istilah seperti AMOLED, IPS, PentTile, atau TFT. Apakah deretan huruf-huruf istilah teknologi itu terlihat memusingkan? Baca juga HEBOH BOCORNYA PIDATO SBY SOAL KENAIKAN BBM SAAT DI INTERNAL PARTAI DEMOKRAT | SBY TENTANG BBM, PARTAI KOALISI, DEMO & PENGGULINGAN KEKUASAAN dan VIDEO: PASANGAN DARI JEPANG MENIKAH DI ATAS ROLLERCOASTER SETINGGI 1004 METER | PERNIKAHAN SERU : DI ATAS ROLLERCOASTER TERCURAM DI JEPANG
Para produsen layar, baik itu untuk tablet, ponsel, TV maupun komputer selalu berusaha meyakinkan orang tentang keunggulan tampilan di produknya. Demi upaya tersebut, berbagai akronim dan istilah teknologi dilemparkan pada konsumen.

Pada dasarnya situasi ini sederhana. Anda mungkin hanya menghadapi tiga jenis utama layar digital, yaitu LCD, OLED dan Plasma. Berikut adalah rangkuman tentang beberapa jenis layar seperti diwartakan PC World, Selasa (10/4/2012).

1. Plasma

Zaman sekarang, layar plasma hanya ditemukan di HDTV berukuran sangat besar dan LCD pun tampak mulai menggantikan plasma. Layar jenis ini memiliki kontras yang baik, dengan warna putih terang dan hitam gelap. Reproduksi warnanya sangat baik serta memiliki sudut tampilan yang menakjubkan.

Layar plasma tidak banyak mengubah tampilan warna maupun pencahayaan saat Anda melihatnya dari samping. Selain itu untuk membuat layar ini dalam ukuran besar pun harganya relatif murah.

Plasma juga memiliki kekurangan yang membuatnya sulit diadopsi perangkat berukuran kecil. Layar jenis ini terlalu tebal, berat dan memakan banyak daya. Ditambah lagi terdapat kesulitan untuk memasukkan banyak pixel ke dalam plasma, sehingga perangkat berukuran kecil akan menderita resolusi rendah.

2. OLED

Organic light-emitting diode (OLED) adalah teknologi layar digital terbaru di pasar konsumer. Anda sering menemuinya di pasar dengan label AMOLED (active matrix organic light-emitting diode). Istilah active matrix berarti layar langsung mengendalikan nyala atau mati, terang atau redup setiap sub pixel.

Label tersebut bisa dikatakan tidak berguna. Pasalnya secara virtual, seluruh layar OLED dan LCD di perangkat konsumer masa kini menggunakan istilah active matrix dan tidak ada hal yang spesial di dalamnya.

Teknologi OLED menawarkan banyak kelebihan. Layar jenis ini memakan daya lebih kecil sekalipun dibandingkan dengan LCD paling hemat energi. Karena langsung memancarkan cahaya tanpa mengandalkan backlit, layar ini bisa berukuran sangat tipis.

Selain itu, layar OLED juga punya respons sangat cepat dengan kecepatan perubahan warna setiap pixelnya melebihi LCD tercepat. Blur dalam gambar bergerak jadi berkurang. Dilihat dari sudut manapun, layar jenis ini hanya memperlihatkan sedikit sekali perubahan kontras atau warna.

Kekurangan teknologi ini adalah harga produksinya yang lebih mahal ketimbang LCD atau plasma. Kemudian, tampilan warna biru pada OLED akan berkurang seiring waktu.

Bagaimana dengan Super AMOLED dan Super AMOLED Plus?

Keduanya hanya istilah pasar untuk variasi teknologi OLED standar. Perbedaan biasanya ditemukan pada sedikit variasi pola subpixel warna merah, hijau dan biru, atau mengintegrasikan lapisan sensitif sentuhan.

3. LCD (Liquid Crystal Display)

Ini adalah jenis layar paling luas digunakan. LCD biasanya ditemukan di mayoritas HDTV, desktop, laptop, tablet atau smartphone. Ada banyak jenis LCD yang digunakan, tapi hanya tiga kelas utama saja akan disebutkan di sini.

Pertama adalah LCD Twisted Nematic (TN).

Layar ini mudah diproduksi secara massal. Responsnya cukup cepat dengan kecepatan terendah pada 2 milisekon. Meskipun belum secepat OLED, ini adalah yang tercepat di jenis LCD.

Respons yang cepat bisa mengurangi blur pada gambar bergerak. Sayangnya, gambar yang diproduksi panel TN juga berada di kualitas rendah. Spektrum warnanya tidak lebih banyak dari teknologi lain. Sudut pandangannya juga buruk, terutama bila dipandang dari samping bisa terjadi perubahan warna.

Kedua adalah LCD In-Plane Swithcing (IPS).

Teknologi ini pertama kali dikembangkan oleh Hitachi pada 1996. Namun di masa kini, sebagian besar panel IPS diproduksi oleh LG. Ada beberapa variasi untuk LCD IPS ini, yaitu Super IPS, Advance Super IPS dan IPS Pro.

Kelebihan IPS adalah masing-masing subpixel warna merah, biru atau hijau bisa menampilkan tingkat kecerahan 8 bit, sehingga warnanya lebih akurat. IPS bisa menampilkan spektrum warna yang lebih banyak. Karena alasan tersebut pula banyak seniman dan fotografer yang mengidolakannya.

Sudut pandangannya juga lebih luas dan dilihat dari mana pun akan menampilkan warna yang tepat. Amazon Kindle Fire, iPad dan iPhone dari Apple, serta Asus Eee Pad Transformer adalah contoh yang memakai layar jenis ini.

Kekurangannya adalah kecerahannya tidak tampil lebih baik dari panel TN. Kemudian grafis yang bergerak di kecepatan tinggi kadang-kadang bisa meninggalkan jejak. Harganya juga masih cukup mahal.

Ketiga adalah LCD Vertically Aligned (VA).

Kemampuan panel ini berada di antara IPS dan TN. Reproduksi warnanya lebih baik ketimbang panel TN dan bisa menampilkan kecerahan 8 bit per subpixel. Namun spektrum warna yang ditampilkan tidak sebanyak IPS. Sudut pandangannya pun lebih baik dari TN, namun tidak seluas IPS.

INFO MENGENAI JENIS LAYAR DIGITAL, SPESIFIKASI & KELEBIHAN-KEKURANGANNYA, Kenali Lebih Dekat Jenis Layar Digital Anda (Plasma, OLED, LCD), Jenis LAyar TV, Spesifikasi Layar Plasma, Jenis Layar LCD, Variasi Teknologi OLED, Panduan Sebelum Memilih Televisi, Perbedaan TV Plasma, LED & LCD

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Paling Populer

Agnes Monica (4) AMI Awards 2012 (1) Android (20) Aneh (86) Antivirus (4) Barcelona (15) Bau Mulut (1) BBM (1) Beasiswa (22) Beasiswa Luar Negeri (1) Beasiswa Sampoerna (2) Beasiswa Sampoerna Bisnis S1 (1) Bedah Plastik (1) Berita Dunia (25) Berita Terbaru (1213) Biaya Bedah Plastik (1) Blackberry (24) BlackBerry Curve (3) BlackBerry Messenger (4) Bulu Tangkis (1) busana (1) Cara Cepat Hamil (1) celebrity (130) Cepat Terindex Google (1) Diet (11) Euro 2012 (7) Facebook (13) fashion 2012 (1) fenpmena (1) Film (2) Film Hollywood (11) Film I Am (1) Film Indonesia (2) Film Terbaru (2) finansial (2) food (2) Foto (250) Free Download (5) Gadget (26) Game (18) Gempa Bumi (15) Gempa Indonesia (10) Gerhana Bulan (2) Gol Suarez (1) Google (10) Grammy Awards (2) Gratis Software (4) Great Tips (8) Gunung Indonesia (1) Hacker (4) Harga Tiket (1) Hasil Undian Liga Champion (4) Honda (3) Horoskop (1) Horoskop Terbaru (1) HTC (5) IMAX (1) Indonesia Super League (1) Indonesian Idol (1) Info (12) Instagram (1) Internet (14) iPad (6) iPad 3 (2) iPhone (11) iPhone 5 (7) ISL (1) Jadwal Puasa (3) Justin Bieber (11) Kamera (2) Kartu Inafis (2) Karya Tulis Ilmiah (1) Kata Cinta (2) Kecantikan (39) Kesehatan (258) Komputer (8) Korea (196) Kuliner (1) Kumpulan SMS (1) Kurikulum Pendidikan (1) LA Light (1) Lady Gaga (13) Laruku (1) Lebaran (9) Lee Min Ho (1) LG Optimus (1) Liga BBVA (1) Liga Champions (26) Liga Europa (7) Liga Inggris (31) Liga Italia (16) Liga Jerman (1) Liga Primer Inggris (30) Liga Profesional PSSI (2) Liga PSSI (1) Liga Spanyol (32) Liga Super Indonesia (2) Lionel Messi (1) Lowongan Kerja (3) Lucu Aneh Ajaib (18) Manchester United (11) Metode Diet (2) MIVO TV Online (1) Mobil (1) MOTOGP (8) Motor (7) Music (65) new (1) New iPad (2) News (74) Nokia (3) Nokia 808 (1) Nokia Terbaru (1) Olahraga (4) Olimpiade 2012 (4) Otomotif (62) Papua (1) Peluang Usaha Dan Bisnis (1) Pemeras Operator (1) Pendidikan (22) Piala Dunia (4) Piala Eropa 2012 (2) Piala Liga 2012 (1) PILGUB DKI 2012 (2) Politik (29) PON XVIII Riau 2012 (1) Ponsel (18) Properti (6) Proposal Penelitian (1) Puasa Ramadhan (10) Ramalan (17) Ramalan Bintang (1) Ramalan Terbaru (1) Ramalan Zodiak (1) Samsung Galaxy (11) Seksual (2) Selamat Tahun Baru (1) Selebriti (140) SEO (2) Sepakbola (174) Serba Serbi (29) Smartphone (5) SMS (4) Sport (15) Super Junior (50) Syahrini (5) Tablet iPad (8) tekno (1) Teknologi (69) Telkomsel (1) Thomas Dan Uber Cup 2012 (1) Timnas Indonesia (5) tinju (1) Tips (321) Tips Langsing (32) Tips Mendidik Anak (26) Tips Merawat Anak (31) Toyota Avanza (6) Travel (2) TV Online (1) Twitter (14) Uero 2012 (2) Unik (160) Universitas Terfavorit 2012 (1) Video (296) Windows 8 (6) Xenia (2) Yahoo (1) Youtube (187)
Masih Proses...
Sponsored By :Berita Update Terbaru.