EXIT Jangan Lupa Klik Like Ya

Wednesday

HINDARI MEMAKAI KOSMETIK YANG MENGANDUNG 10 BAHAN KIMIA INI | BAHAN KIMIA YANG BERBAHAYA UNTUK KOSMETIKA

TIPS MEMILIH KOSMETIKA YANG AMAN UNTUK KESEHATANHINDARI MEMAKAI KOSMETIK YANG MENGANDUNG 10 BAHAN KIMIA INI | BAHAN KIMIA YANG BERBAHAYA UNTUK KOSMETIKA. Kosmetik digunakan untuk mempercantik atau merawat diri. Kosmetik dan produk perawatan dibuat dari banyak bahan kimia. Sayangnya beberapa bahan kimia di antaranya benar-benar terbukti masuk dalam kategori bahan-bahan yang berbahaya. Mau cantik malah bisa sakit. Baca juga WOW! IKAN RAKSASA DARI PAKISTAN | Ikan Raksasa Sepanjang 10 Meter Ditemukan di Pakistan
Jika bahan-bahan kimianya sah digunakan dan telah diatur agar tidak berbahaya bila digunakan dalam kadar tertentu, maka itu masuk dalam kategori aman. Namun, ada beberapa bahan kimia di kosmetik yang bermasalah dan sebaiknya dihindari bila memungkinkan.

Seperti dilansir belief.com, Rabu (8/2/2012), berikut adalah kesepuluh bahan kimia dalam kosmetik yang sebaiknya dihindari:

1. Methylisothiazoline

Methylisothiazoline (MIT) diduga mempengaruhi komunikasi sel-sel saraf di otak. Bahan ini banyak terkandung dalam shampoo. Badan Perlindungan Lingkungan di AS atau Environmental Protection Agency (EPA) menegaskan bahwa MIT sangat beracun bila digunakan pada kulit atau mata.

Jika bahan ini terkandung dalam insektisida, EPA mewajibkan produsen untuk memberi label peringatan pada kemasannya. EPA juga menerangkan bahwa orang yang terpapar produk methylisothiazoline diharuskan memakai kemeja lengan panjang, celana panjang, sarung tangan tahan kimia, dan sepatu ditambah kaus kaki.

Namun kebanyakan orang percaya bahwa bahan ini aman dan dapat diletakkan di kamar mandi bahkan digunakan untuk mencuci rambutnya.

2. Sodium Lauril Sulfat

Sodium lauril sulfat dan natrium sulfat laureth terkandung dalam banyak produk berbusa, seperti sabun, shampoo, dan bahkan pasta gigi. Zat ini telah disetujui untuk digunakan, tetapi diketahui menyebabkan iritasi kulit.

3. Ftalat

Ftalat digunakan dalam kosmetik, parfum, bahkan produk medis seperti kantong transfusi darah. Ada banyak bahan kimia yang termasuk dalam kategori Ftalat.

Laporan EPA menyebutkan bahwa Ftalat berkaitan dengan ruam, pilek, cacat lahir, kanker, kerusakan hati, gangguan paru-paru, dan kelainan tulang. Sebuah penelitian pada tikus menemukan bahwa paparan berlebihan terhadap bahan kimia ini dapat menyebabkan eksensefali atau pertumbuhan otak di luar tengkorak.

4. Coal tar

Coal tar adalah bahan yang jarang dijumpai, tetapi telah diketahui dapat menyebabkan kanker. Bahan ini terkandung dalam produk pewarna rambut, shampoo ketombe dan beberapa produk anti-gatal.

5. Minyak sulingan atau minyak distilat

Sulingan minyak adalah produk yang dihasilkan oleh industri minyak bumi dan sering digunakan dalam maskara, foundation, lipstik, dan parfum. Minyak sulingan diduga mengandung kotoran dan bersifat karsinogen (dapat menyebabkan kanker).

6. PEG

PEG (polietilen glikol) atau PPG (polipropilena glikol) adalah dua bahan kimia yang terkandung dalam berbagai kosmetik meskipun diketahui berbahaya. Pemerintah mengizinkan bahan-bahan ini dalam kosmetik karena dalam jumlah kecil zat ini dianggap relatif aman.

7. Pewarna sintetis

Pewarna sering dicantumkan dalam label dengan kode warna dan nomor, misalnya: Red No 3. Pewarna sintetis sering digunakan dalam kosmetik seperi pemerah, alas bedak, cat kuku, cat rambut dan sebagainya. Beberapa pewarna diketahui besifat karsinogen.

8. Paraben

Paraben merupakan sekelompok bahan yang terdiri atas bahan seperti: Metil, Propyl, Butil, dan Ethyl. Paraben mengacu pada bahan-bahan kimia yang membuat produk kosmetik tetap segar dengan menghambat pertumbuhan kuman.

Paraben dapat memblokir radiasi UV dan banyak digunakan dalam tabir surya. Namun, paraben jenis tertentu dapat mengiritasi kulit. Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa paraben dapat memicu produksi hormon estrogen, bahan bakar kanker.

9. Formaldehida

Formaldehida banyak digunakan dalam berbagai cairan pembalsem untuk pelembut kain dan bahkan kosmetik. Formaldehida terkandung dalam shampo, pembersih antibakteri, pengeras kuku, dan produk cairan cuci tangan yang dikenal sebagai penyebab kanker pada manusia.

10. Pengharum

Pengharum tampak tidak berbahaya karena produsen menggunakannya untuk untuk menyamarkan bau yang tidak diinginkan. Food and Drug Administration (FDA) di AS mengijinkan produsen untuk menyebut bahan wewangian tanpa mengungkapkan detail jenis bahannya karena diangap sebagai rahasia perusahaan.

Penelitian di AS menemukan bahwa produk pengharum dapat menyebabkan berbagai efek yang merugikan kesehatan seperti sakit kepala, kesulitan bernapas, serangan asma, ruam, dan hilangnya kesadaran.

Bahkan, beberapa bahan pengharum ternyata mengandung bahan-bahan berbahaya yang dilarang oleh undang-undang AS.
detik.com

HINDARI MEMAKAI KOSMETIK YANG MENGANDUNG 10 BAHAN KIMIA INI, BAHAN KIMIA YANG BERBAHAYA UNTUK KOSMETIKA, Tips Memilih Kosmetik Yang Aman, Cara Aman Pakai Kosmetik, Kosmetik Yang HArus Dihindari Karena Mengandung Bahan Kimia Berbahaya

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Paling Populer

Agnes Monica (4) AMI Awards 2012 (1) Android (20) Aneh (86) Antivirus (4) Barcelona (15) Bau Mulut (1) BBM (1) Beasiswa (22) Beasiswa Luar Negeri (1) Beasiswa Sampoerna (2) Beasiswa Sampoerna Bisnis S1 (1) Bedah Plastik (1) Berita Dunia (25) Berita Terbaru (1213) Biaya Bedah Plastik (1) Blackberry (24) BlackBerry Curve (3) BlackBerry Messenger (4) Bulu Tangkis (1) busana (1) Cara Cepat Hamil (1) celebrity (130) Cepat Terindex Google (1) Diet (11) Euro 2012 (7) Facebook (13) fashion 2012 (1) fenpmena (1) Film (2) Film Hollywood (11) Film I Am (1) Film Indonesia (2) Film Terbaru (2) finansial (2) food (2) Foto (250) Free Download (5) Gadget (26) Game (18) Gempa Bumi (15) Gempa Indonesia (10) Gerhana Bulan (2) Gol Suarez (1) Google (10) Grammy Awards (2) Gratis Software (4) Great Tips (8) Gunung Indonesia (1) Hacker (4) Harga Tiket (1) Hasil Undian Liga Champion (4) Honda (3) Horoskop (1) Horoskop Terbaru (1) HTC (5) IMAX (1) Indonesia Super League (1) Indonesian Idol (1) Info (12) Instagram (1) Internet (14) iPad (6) iPad 3 (2) iPhone (11) iPhone 5 (7) ISL (1) Jadwal Puasa (3) Justin Bieber (11) Kamera (2) Kartu Inafis (2) Karya Tulis Ilmiah (1) Kata Cinta (2) Kecantikan (39) Kesehatan (258) Komputer (8) Korea (196) Kuliner (1) Kumpulan SMS (1) Kurikulum Pendidikan (1) LA Light (1) Lady Gaga (13) Laruku (1) Lebaran (9) Lee Min Ho (1) LG Optimus (1) Liga BBVA (1) Liga Champions (26) Liga Europa (7) Liga Inggris (31) Liga Italia (16) Liga Jerman (1) Liga Primer Inggris (30) Liga Profesional PSSI (2) Liga PSSI (1) Liga Spanyol (32) Liga Super Indonesia (2) Lionel Messi (1) Lowongan Kerja (3) Lucu Aneh Ajaib (18) Manchester United (11) Metode Diet (2) MIVO TV Online (1) Mobil (1) MOTOGP (8) Motor (7) Music (65) new (1) New iPad (2) News (74) Nokia (3) Nokia 808 (1) Nokia Terbaru (1) Olahraga (4) Olimpiade 2012 (4) Otomotif (62) Papua (1) Peluang Usaha Dan Bisnis (1) Pemeras Operator (1) Pendidikan (22) Piala Dunia (4) Piala Eropa 2012 (2) Piala Liga 2012 (1) PILGUB DKI 2012 (2) Politik (29) PON XVIII Riau 2012 (1) Ponsel (18) Properti (6) Proposal Penelitian (1) Puasa Ramadhan (10) Ramalan (17) Ramalan Bintang (1) Ramalan Terbaru (1) Ramalan Zodiak (1) Samsung Galaxy (11) Seksual (2) Selamat Tahun Baru (1) Selebriti (140) SEO (2) Sepakbola (174) Serba Serbi (29) Smartphone (5) SMS (4) Sport (15) Super Junior (50) Syahrini (5) Tablet iPad (8) tekno (1) Teknologi (69) Telkomsel (1) Thomas Dan Uber Cup 2012 (1) Timnas Indonesia (5) tinju (1) Tips (321) Tips Langsing (32) Tips Mendidik Anak (26) Tips Merawat Anak (31) Toyota Avanza (6) Travel (2) TV Online (1) Twitter (14) Uero 2012 (2) Unik (160) Universitas Terfavorit 2012 (1) Video (296) Windows 8 (6) Xenia (2) Yahoo (1) Youtube (187)
Masih Proses...
Sponsored By :Berita Update Terbaru.