EXIT Jangan Lupa Klik Like Ya

Sunday

YUK NAK, JAGA KEBERSIHAN SEHARI-HARI! | TIPS MENDIDIK ANAK UNTUK HIDUP BERSIH

AJARKAN ANAK UNTUK SELALU MENCUCI TANGAN SETELAH MELAKUKAN KEGIATANYUK NAK, JAGA KEBERSIHAN SEHARI-HARI! | TIPS MENDIDIK ANAK UNTUK HIDUP BERSIH. Indonesia Sehat 2010, itulah visi baru pembangunan kesehatan yang dicanangkan Pemerintah. Salah satu misinya, mewujudkan masyarakat yang hidup dalam lingkungan sehat serta mampu berperilaku hidup sehat. Baca juga [VIDEO] iPhone dan iPad Dirakit Secara "Hand Made" Youtube | Liputan Khusus ABC Foxconn Pabrik Perakitan iPad Iphone dan TIPS EFEKTIF MEMBENTUK DISIPLIN ANAK | Cara Mudah Mengajarkan Anak Disiplin
Dalam konteks yang paling sederhana, pola hidup sehat sebenarnya harus dimulai dari diri sendiri. Karenanya, pentingnya mengajarkan anak untuk memelihara kebersihan sehari-hari sekaligus sebagai pembelajaran disiplin. Tentu saja, orang tua yang menjadi teladan.

* Mandi

Umumnya, mandi dilakukan dua kali sehari yaitu pagi dan sore. Akan tetapi perhatikan jika si kecil ternyata sering berkeringat, entah secara alamiah atau karena banyak melakukan aktivitas fisik. Nah, jika kondisinya seperti itu, tentu frekuensi mandi jadi harus lebih sering. Kenapa? Karena keringat yang membasahi tubuh bisa mengundang kuman-kuman untuk bersarang di kulit. Alhasil, si kecil bisa terkena penyakit kulit. Jadi, tak masalah kalau anak sering mandi. Perhatikan pula kondisi airnya, apakah keruh atau kotor serta berbau. Bisa-bisa meski sering mandi, bukannya sehat, tapi malah diakrabi berbagai penyakit.

Hal lain yang tak boleh dilupakan adalah penggunaan sabun. Mandi jangan sekadar basah, tapi juga harus segar dan sehat. Untuk itu gunakan sabun (kalau perlu sabun antiseptik) agar kuman-kuman yang menempel di kulit mati. Handuk yang digunakan untuk mengeringkan badan pun sebaiknya bersih dan tidak lembap. Segera setelah digunakan, langsung dijemur. Jangan dibiarkan kering dengan sendirinya karena bisa ditumbuhi jamur. Secara berkala, semisal 1-2 kali dalam seminggu, gantilah handuk dengan yang bersih. Jangan menunggu sampai handuk tersebut kelihatan kumal baru diganti.

Selain itu, ada beberapa kebiasaan yang harus segera diubah. Contohnya khusus di hari libur, anak-anak boleh hanya mandi sekali atau bahkan tak mandi sama sekali. Begitu juga kebiasaan tak mandi lagi seusai berenang karena kegiatan ini sering disamakan dengan mandi. Anggapan-anggapan keliru seperti itu sudah seharusnya ditinggalkan.

* Keramas

Keramaslah secara rutin. Memang tak ada patokan baku apakah harus setiap hari atau cukup 2-3 hari sekali. Anak yang banyak aktivitas tentu sering berkeringat, hingga perlu keramas lebih sering. Yang pasti, jangan menunggu sampai kulit kepala terasa gatal, berketombe atau bahkan ditinggali kutu rambut. Pastikan, anak tak cuma membasahi rambutnya dan setelah itu merasa sudah keramas. Sekadar basah saja sama sekali tak efektif membersihkan rambut. Gunakan sampo rambut yang tepat sesuai kondisi rambut anak agar rambut dan kulit kepala terpelihara kebersihannya.

* Menyikat gigi

Sedini mungkin, bahkan sejak bayi, orang tua mulai memperkenalkan aktivitas yang satu ini. Tentu saja selagi si kecil belum tumbuh gigi, gunakan alat "penyikat" yang cukup lembut seperti kapas atau kain kasa yang sudah dibasahi air hangat untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di gusinya. Jadikan acara ini sebagai rutinitas setiap kali habis makan dan menjelang tidur.

Jika yang dilakukan selama ini menyikat gigi saat mandi pagi dan sore, ubahlah kebiasaan itu karena manfaatnya tidak optimal. Soalnya, sisa-sisa minuman dan makanan akan tertinggal di gigi jika menyikatnya dilakukan lebih dulu sebelum makan. Padahal sisa-sisa makanan yang menempel di rongga mulut ini lama-kelamaan akan merusak gigi berupa plak dan karang gigi. Jadi yang benar adalah menyikat gigi sesudah makan dan menjelang tidur malam.

* Membersihkan pusar

Bentuknya yang menjorok ke dalam dan tempatnya yang relatif tersembunyi memang amat berpeluang membuat kotoran betah menetap di pusar. Tapi lakukan secara hati-hati menggunakan bahan lembut seperti cotton bud , kapas dan baby oil. Cara membersihkannya pun tak boleh kasar agar jangan sampai terluka/lecet yang berlanjut dengan infeksi.

* Membersihkan telinga

Dapat dilakukan dengan menggunakan kapas atau cotton bud. Yang perlu diperhatikan, upaya bersih-bersih ini jangan sampai menyentuh rongga telinga bagian dalam karena akan semakin mendorong kotoran masuk semakin dalam. Sebenarnya, kotoran dalam telinga secara alamiah akan keluar dengan sendirinya berkat kerja rambut-rambut halus di dalam telinga yang berfungsi sebagai "penyaring".

Jadi, cukup bersihkan bagian daun telinga. Sementara untuk kotoran yang sudah telanjur masuk ke telinga bagian dalam, percayakan pada dokter spesialis THT. Waspadai pula jika telinga mengeluarkan kotoran yang berbau atau berwarna. Besar kemungkinan kondisi ini menunjukkan sudah terjadi infeksi dalam telinga. Ada baiknya periksakan telinga secara rutin ke dokter THT, setidaknya 3 bulan sekali.

* Membersihkan lubang hidung

Bisa menggunakan cotton bud atau cukup dengan jari tangan, tapi pastikan kebersihan jari tangan dan kuku. Mengapa? Tak lain karena kuku yang panjang hanya akan melukai hidung bagian dalam yang relatif lunak. Belum lagi kalau ternyata kuku tangannya mengandung kotoran/bibit penyakit yang malah-malah menyebabkan infeksi. Yang jelas, lakukan secara hati-hati alias jangan sembarangan, semisal sebagai bentuk keisengan pengisi waktu.

* Menggunting kuku

Minimal dilakukan seminggu dua kali. Yang perlu diperhatikan, menggunting kuku jangan sampai terlalu pendek karena justru bisa melukai kulit di bawah kuku. Kuku yang panjang dapat mencederai kulit, terutama ketika secara tak sengaja menggaruk kulit karena gatal. Apalagi bila kuku tersebut kotor dan mengandung kuman yang dapat masuk ke dalam tubuh kemudian menimbulkan penyakit.

* Mencuci tangan

Mencuci tangan harus lebih sering dilakukan karena tangan merupakan sumber penularan penyakit. Lakukan terutama sebelum dan setelah makan, serta seusai memegang sesuatu. Mencuci tangan juga perlu dilakukan ketika kontak dengan cairan tubuh seperti ingus atau ludah. Yang jelas, mencuci tangan harus menggunakan sabun, jangan sekadar basah yang tak akan mematikan kuman-kuman. Yang tak kalah penting, cucilah tangan di tempat air yang mengalir/kran agar kuman yang ada ikut terbawa aliran air tadi. Sebaiknya gunakan tisu seusai mencuci tangan. Penggunaan kain lap tak menjamin tangan jadi lebih bersih karena bukan tidak mungkin malah di kain lap tersebut ada kuman yang menempel dari sesama pengguna kain lap tadi.

* Mengganti pakaian

Setiap habis mandi, usahakan selalu berganti pakaian dengan yang bersih. Pilihlah pakaian, celana, kaos dalam dan celana dalam yang kering dan bersih, jangan yang lembab. Setiap kali tubuh si kecil basah/lembab oleh keringat sehabis beraktivitas, cepat-cepat keringkan badannya dengan handuk bersih lalu gantilah pakaiannya dengan yang bersih. Demikian pula dengan seragam sekolah. Sebaiknya diganti setiap hari, jangan sampai dikenakan berulang kali. Kalau anak termasuk anak yang aktif, bawakan baju cadangan ke sekolah sebagai baju ganti hingga tak perlu menunggu kering dengan sendirinya atau menggantinya nanti sesampai di rumah.

* Mengganti kaus kaki

Aksesoris yang kelihatan sepele ini kadang terabaikan alias lupa diganti. Biasanya kalau sudah tercium aroma tak sedap barulah dilemparkan ke tempat cucian. Padahal, sebaiknya kaus kaki diganti setiap hari meskipun penggunaannya terbatas hanya ketika bersekolah atau bepergian sebentar. Mengenai kaki bau sebenarnya berawal dari kaki yang berkeringat meskipun keringat itu sendiri tak berbau. Bau tak sedap ini muncul setelah bercampur dengan kuman. Untuk menghindarinya, ya jangan malas untuk berganti kaus kaki secara rutin.

* Mencuci sepatu/sandal

Alas kaki juga termasuk benda yang harus dicuci secara rutin. Sepatu atau sandal yang kotor tentunya mengandung kuman penyakit. Rajin-rajinlah dicuci apalagi setelah menginjak kotoran di jalan, melewati jalan becek dan sejenisnya.

* Mengganti sprei dan menjemur kasur

Satu hal lagi yang cukup penting adalah mengganti sprei, sarung bantal dan sarung guling secara berkala, setidaknya 1-2 kali seminggu. Meskipun si kecil sudah mandi sebersih mungkin dan mengenakan pakaian bersih, tentu tidak ada artinya bila alas tidur tidak bersih. Selain itu, jangan lupa menjemur kasur atau alas tidur. Apalagi kalau si kecil masih gemar ngompol . Jangan menunggu kering dengan sendirinya karena kondisi lembab dan bau akan cepat mengundang jamur dan kuman.
Tabloidnova.com

YUK NAK, JAGA KEBERSIHAN SEHARI-HARI!, TIPS MENDIDIK ANAK UNTUK HIDUP BERSIH, Kesehatan Telinga, Membersihkan Pusar, Kebiasaan Sehat, Gaya Hidup Sehat

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Paling Populer

Agnes Monica (4) AMI Awards 2012 (1) Android (20) Aneh (86) Antivirus (4) Barcelona (15) Bau Mulut (1) BBM (1) Beasiswa (22) Beasiswa Luar Negeri (1) Beasiswa Sampoerna (2) Beasiswa Sampoerna Bisnis S1 (1) Bedah Plastik (1) Berita Dunia (25) Berita Terbaru (1213) Biaya Bedah Plastik (1) Blackberry (24) BlackBerry Curve (3) BlackBerry Messenger (4) Bulu Tangkis (1) busana (1) Cara Cepat Hamil (1) celebrity (130) Cepat Terindex Google (1) Diet (11) Euro 2012 (7) Facebook (13) fashion 2012 (1) fenpmena (1) Film (2) Film Hollywood (11) Film I Am (1) Film Indonesia (2) Film Terbaru (2) finansial (2) food (2) Foto (250) Free Download (5) Gadget (26) Game (18) Gempa Bumi (15) Gempa Indonesia (10) Gerhana Bulan (2) Gol Suarez (1) Google (10) Grammy Awards (2) Gratis Software (4) Great Tips (8) Gunung Indonesia (1) Hacker (4) Harga Tiket (1) Hasil Undian Liga Champion (4) Honda (3) Horoskop (1) Horoskop Terbaru (1) HTC (5) IMAX (1) Indonesia Super League (1) Indonesian Idol (1) Info (12) Instagram (1) Internet (14) iPad (6) iPad 3 (2) iPhone (11) iPhone 5 (7) ISL (1) Jadwal Puasa (3) Justin Bieber (11) Kamera (2) Kartu Inafis (2) Karya Tulis Ilmiah (1) Kata Cinta (2) Kecantikan (39) Kesehatan (258) Komputer (8) Korea (196) Kuliner (1) Kumpulan SMS (1) Kurikulum Pendidikan (1) LA Light (1) Lady Gaga (13) Laruku (1) Lebaran (9) Lee Min Ho (1) LG Optimus (1) Liga BBVA (1) Liga Champions (26) Liga Europa (7) Liga Inggris (31) Liga Italia (16) Liga Jerman (1) Liga Primer Inggris (30) Liga Profesional PSSI (2) Liga PSSI (1) Liga Spanyol (32) Liga Super Indonesia (2) Lionel Messi (1) Lowongan Kerja (3) Lucu Aneh Ajaib (18) Manchester United (11) Metode Diet (2) MIVO TV Online (1) Mobil (1) MOTOGP (8) Motor (7) Music (65) new (1) New iPad (2) News (74) Nokia (3) Nokia 808 (1) Nokia Terbaru (1) Olahraga (4) Olimpiade 2012 (4) Otomotif (62) Papua (1) Peluang Usaha Dan Bisnis (1) Pemeras Operator (1) Pendidikan (22) Piala Dunia (4) Piala Eropa 2012 (2) Piala Liga 2012 (1) PILGUB DKI 2012 (2) Politik (29) PON XVIII Riau 2012 (1) Ponsel (18) Properti (6) Proposal Penelitian (1) Puasa Ramadhan (10) Ramalan (17) Ramalan Bintang (1) Ramalan Terbaru (1) Ramalan Zodiak (1) Samsung Galaxy (11) Seksual (2) Selamat Tahun Baru (1) Selebriti (140) SEO (2) Sepakbola (174) Serba Serbi (29) Smartphone (5) SMS (4) Sport (15) Super Junior (50) Syahrini (5) Tablet iPad (8) tekno (1) Teknologi (69) Telkomsel (1) Thomas Dan Uber Cup 2012 (1) Timnas Indonesia (5) tinju (1) Tips (321) Tips Langsing (32) Tips Mendidik Anak (26) Tips Merawat Anak (31) Toyota Avanza (6) Travel (2) TV Online (1) Twitter (14) Uero 2012 (2) Unik (160) Universitas Terfavorit 2012 (1) Video (296) Windows 8 (6) Xenia (2) Yahoo (1) Youtube (187)
Masih Proses...
Sponsored By :Berita Update Terbaru.