EXIT Jangan Lupa Klik Like Ya

Friday

INFORMASI LENGKAP BERAGAM PROGRAM DIET | BERAGAM PROGRAM DIET (KELEBIHAN & KEKURANGANNYA)

BERAGAM PROGRAM DIETBagi sebagian besar orang, terutama mereka yang mengutamakan penampilan, naiknya bobot badan tentu bukan fakta yang menggembirakan. Itulah sebabnya, berbagai upaya ditempuh agar badan menjadi langsing. Di antara berbagai cara menurunkan berat badan, salah satu yang paling banyak dipilih adalah diet. Masalahnya, dari hari ke hari makin banyak ragam program diet yang ditawarkan. Masing-masing mengklaim sebagai yang terbaik. Sering kali hal itu membuat kita bingung memilih, mana cara yang paling aman dan efektif. Baca juga HEBOH KOMIK PARODI "OBROLAN LUCU" AFIKA (OREO) - SBY | Afika VS SBY Jadi Trending Topics dan HATI-HATI, BANYAK BERDEDAR 'STIKER' WINDOWS PALSU! | TIPS MEMBEDAKAN STIKER WINDOWS ASLI ATAU PALSU

Nah, agar tidak keliru memilih, ada baiknya kita mengetahui dan mengenali beragam program diet yang ada di masyarakat. Masing-masing jenis program diet diberi penjelasan singkat tentang kelemahan dan kelebihannya.

Buku Cara Aman Mencegah Kegemukan memuat beberapa di antaranya.

Diet kilat

Kecenderungan orang ingin buru-buru langsing dimanfaatkan oleh para pengusaha jasa kebugaran untuk memperkenalkan yang namanya crash diet atau diet kilat. Namun kebanyakan ahli tidak menganjurkan diet kilat yang umumnya mengurangi asupan kalori secara drastis ini. Mengapa?

Pada diet kilat, penurunan berat badan memang cepat terjadi, tetapi sayangnya yang hilang bukanlah lemak, tetapi air. Kebanyakan diet kilat itu menyodorkan makanan yang cukup protein tapi sangat rendah karbohidrat. Bila asupan karbohidrat sangat dikurangi, maka timbunan glikogen di dalam tubuh akan menurun, begitu pula air yang di dalam tubuh kita mengikatkan diri pada glikogen. Karena jumlah cairan tubuh berkurang, berat badan pun akan berkurang. Tetapi begitu kita mengkonsumsi hidrat arang lagi, air akan segera kembali dan berat kita pun kembali seperti semula.

Kalau diet kilat ini diperpanjang, lemak tubuh memang akan berkurang. Setelah itu giliran jaringan-jaringan otot yang akan mengecil. Ini sangat berbahaya!

Jika berat badan kembali lagi seperti yang sering terjadi, tidak jarang pelaku diet justru bertambah gemuk daripada sebelumnya. Soalnya, pada awal ia melepaskan diet kilatnya, penyerapan makanan menjadi lebih efisien, karena secara alamiah tubuh ingin lekas mengembalikan yang hilang. Selain itu, biasanya orang tersebut menjadi rakus makan.

Diet harimau (Tiger's diet)

Pada tahun 1960-an Dr. Atkins membuat "revolusi" dalam bidang diet. Ia menunjukkan bahwa harimau yang pemakan daging itu tubuhnya langsing, sementara binatang pemakan tumbuh-tumbuhan seperti gajah dan kuda nil tambun. Jadi, ia memperkenalkan diet yang kaya protein dan lemak. Hidrat arang dihindari, baik itu berupa gula, roti, pasta, kue, makanan dari tepung, buah-buahan, dan sayur-mayur.

Pengikut diet ini banyak karena Atkins memperkenankan pelaku diet makan sesuka hati, asal jangan makan hidrat arang. Pilihan makanannya pun banyak dan enak. Karena kaya lemak, pelaku tidak merasa lapar.

Bobot si pelaku diet memang cepat turun. Namun kemudian Dr. Atkins dituntut membayar ganti rugi oleh pengikut dietnya karena konsumsi lemak yang tinggi menyebabkan timbulnya penyakit jantung dan penyumbatan pembuluh darah.

Sebelumnya, Asosiasi Jantung Amerika dan Asosiasi Kedokteran Amerika juga menentangnya. Mereka menuduh diet Atkins membahayakan kesehatan. Daging dan lemak meningkatkan kadar kolesterol, sedangkan pengurangan sayur-mayur dan buah-buahan menyebabkan kekurangan mineral dan vitamin. Selain itu banyaknya protein meningkatkan kadar asam urat dalam darah sehingga menimbulkan nyeri sendi, nyeri otot, dan batu ginjal.

Diet astronaut

Diet astronaut hanya membolehkan pelakunya minum konsentrat makanan dalam bentuk bubuk yang dicairkan. Makanan itu mengandung semua zat yang diperlukan, termasuk vitamin dan mineral, tetapi sedikit kalori. Biasanya berkisar antara 450 - 800 Kalori.

Diet cair ini biasanya diterapkan di rumah sakit dengan pengawasan untuk tujuan tertentu. Misalnya, untuk menurunkan berat badan pasien yang segera harus dibedah, untuk menangani kelainan tidur yang parah, serangan diabetes pada penderita dewasa, atau tekanan darah tinggi yang sulit dikendalikan.

Kalau dilakukan hanya untuk jangka pendek masih bisa diterima. Namun diet ini membosankan, mahal, dan pelakunya merasa lapar. Yang jelas, diet ini tidak boleh dilakukan oleh orang-orang yang perlu mengeluarkan banyak tenaga, penderita ginjal, paru-paru, hati, atau anemia.

Ada lagi diet cair yang pelakunya cuma minum jus sayuran. Ini pun tidak boleh dijalankan dalam jangka waktu yang lama.

Diet F-Plan

Diet F-Plan menganjurkan orang makan lebih banyak serat (fiber) untuk menurunkan berat badan, mencegah penyakit jantung koroner, kanker usus besar, diabetes, dan divertikulosis (pembentukan kantung-kantung di dinding usus besar).

Mereka yang menjalankan diet ini perlu makan lebih sering tetapi asupan kalorinya maksimum 1.500 dan minimum 850. Jumlah seratnya minimum 30% dan maksimum 50%. Serat ini diperoleh dari sereal, buah-buahan, dan sayur-mayur. Dianjurkan untuk minum setengah gelas susu skim dan dua porsi buah setiap hari.

Berapa kali dan kapan mau makan tergantung masing-masing, asal jumlah kalori dan seratnya memenuhi syarat. Karena serat mengenyangkan, diet ini tidak mendatangkan rasa lapar yang mengganggu.

Kalau ingin mengikuti diet ini, kita harus menjaga agar asupan proteinnya cukup.

Scarsdale Diet

Diet ini merupakan diet rendah kalori, rendah hidrat arang, dengan nilai kalori kurang dari 1.100. Kalau menjalani diet rendah hidrat arang, kita harus ingat agar hidrat arangnya mencukupi kebutuhan minimal supaya tidak menimbulkan rasa pusing, lemah, dan pingsan.

Diet John Hopkins

Diet ini sering kali juga disebut banana milk diet karena setiap hari pelaku diet hanya boleh makan 6 buah pisang dan 3 gelas susu ditambah dengan vitamin dan mineral. Selain gizinya tidak seimbang, diet ini membosankan. Siapa yang tahan makan seperti ini setiap hari?

Diet Klinik Mayo

Diet yang diperkenalkan oleh rumah sakit terkenal di Amerika Serikat itu prinsipnya sebagai berikut. Kita boleh makan 6 butir telur sehari. Dua hari sekali boleh makan malam dengan daging panggang atau ikan rebus. Jadi, dalam diet rendah kalori itu, asupan protein dan lemaknya tinggi, sedangkan hidrat arang sangat dibatasi dan susu dilarang.

Sebelum makan, pelaku hanya boleh mengkonsumsi jeruk grapefruit. Tanpa gula tentu saja. Namun diet ini ternyata tidak baik untuk fungsi faal tubuh. Karena sangat kaya protein, ginjal dipaksa terlalu keras bekerja.

Diet Cambridge

Diet rendah lemah dan tinggi hidrat arang ini hanya memperkenankan asupan sebanyak 330 kalori per hari, yang terdiri atas 30 g protein, 40 g hidrat arang, dan 3 g lemak. Seperti halnya diet sangat rendah Kalori, pelaku diet jenis ini besar kemungkinan terkena kekurangan gizi.

Diet monoton

Pengikut diet ini setiap hari hanya makan satu jenis makanan berkalori rendah. Kalau hari ini ia makan sayuran, maka sepanjang hari ia cuma boleh mengkonsumsi sayuran. Kalau ia makan ikan, maka sepanjang hari ia hanya boleh makan ikan, tidak boleh dicampur dengan makanan jenis lain. Diet ini dianggap tidak cukup memenuhi kebutuhan akan gizi. Akibatnya, pengikutnya sering menghadapi masalah seperti sulit tidur, lekas marah, sakit gusi, dsb.

Schwarzbein Principle

Dr. Diana Schwarzbein adalah seorang ahli endokrinologi dan metabolisme dari Amerika Serikat yang antidiet rendah lemak. Menurut pengalamannya, diet rendah lemak sering justru menggemukkan karena hidrat arang ditinggikan. Hidrat arang adalah sumber tenaga, tidak bisa dipakai membentuk otot. Otot dibentuk oleh protein dan air. Kelebihan gula yang tidak terpakai, oleh insulin akan diubah menjadi energi dan akan disimpan dalam bentuk sel-sel lemak yang mula-mula akan ditimbun di sekitar perut. Oleh karena itu Diana menganjurkan diet yang seimbang antara lemak, protein, dan hidrat arang.

Diet Dr. David Rubin

Diet untuk menurunkan berat badan ini mengandung banyak serat alami seperti bekatul. Susu diperbolehkan, tetapi secara keseluruhan makanan harus rendah kalori dan rendah lemak. Namun siapa yang tahan kalau setiap hari hanya mengkonsumsi makanan yang dicampuri 9 sendok makan bekatul?

California Slim

Diet yang diperkenalkan oleh University of California di Los Angeles, Amerika Serikat, ini biasa dijuluki California Slim. Diet 1.200 Kalori ini rendah lemak. Porsinya kecil, tetapi sayur-sayuran dan buah-buahan tidak dibatasi. Karena asupan hidrat arang dan proteinnya cukup, diet ini layak dijalani.

Diet Hay

Hay membagi makanan dalam dua golongan besar yakni makanan pembentuk sifat asam dan makanan pembentuk sifat basa.

Menurut Hay, biasanya kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang bukan alamiah, dan makanan pembentuk sifat asam (daging, gula, roti, tepung, dan padi-padian). Padahal mestinya 70 - 80% makanan kita pembentuk sifat basa (sayur-mayur segar, sebagian besar buah-buahan segar, sejumlah kacang-kacangan).

Hay menganjurkan agar protein tidak dimakan bersamaan dengan zat pati, karena protein memerlukan lingkungan asam untuk bisa dicerna dengan baik; sedangkan zat pati memerlukan lingkungan basa. Kalau protein dan zat pati dicampur dalam makanan yang sama, organ pencernaan kita tidak bisa mencernanya dengan baik karena akan kekurangan medium asam atau kekurangan medium basa. Contoh kombinasi makanan yang tidak serasi menurut Hay, umpamanya nasi dengan ayam goreng, mi dengan bakso.

Itulah sebabnya Hay menganjurkan agar kita mengkombinasikan bahan-bahan makanan yang serasi. Makanan pembentuk basa dicampur dengan makanan pembentuk basa lagi. Makanan pembentuk asam dengan pembentuk asam lagi. Contohnya: makan pagi (sarapan) dianjurkan berupa buah saja yang sifatnya basa. Susu diperbolehkan dengan kopi atau teh encer. Siang makan nasi merah/bekatul dengan sayur-mayur dan buah manis. Makan malam sedikit daging/ikan/ayam/ telur dan sayur-mayur dengan buah seperti apel, pir, atau jeruk. Gula sebaiknya dihindari.

Diet ini mengandung semua zat gizi dalam jumlah seimbang. Selain dimaksudkan untuk menyembuhkan pelbagai macam penyakit yang disebabkan oleh makanan, juga untuk menurunkan berat badan.

Diet minum air putih

Kalau mengikuti diet minum air putih atau drinking water diet, kita disuruh banyak minum air putih. Pagi-pagi begitu bangun tidur, sebelum sempat sarapan dll., kita diharuskan minum 1.500 ml air dalam waktu setengah jam. Air Kalorinya 0. Karena perut sudah penuh dengan air, kita tidak ingin makan lagi.

Air es lebih lambat diserap oleh tubuh, karena untuk bisa diserap dibutuhkan suhu yang sama dengan suhu tubuh. Ini berbeda dengan air putih biasa, yang suhunya tentu tidak akan terlalu jauh berbeda dengan suhu tubuh. Jadi, tidak heran jika orang yang minum air es akan merasa kenyang lebih lama.

Samakah diet ini dengan "diet putih"? "Diet putih" adalah diet dengan makan nasi putih saja. Untuk jangka waktu yang lama tentu tidak baik karena tubuh akan kekurangan gizi.

Diet puasa

Diet puasa dilakukan untuk menurunkan berat badan secara drastis. Mula-mula kita diberi makanan 1.500 Kalori/hari selama beberapa hari. Setelah itu hanya boleh minum air selama beberapa minggu (atau diberi asupan Kalori antara 100 – 400 sehari). Setelah beberapa minggu cutna minum air, berangsur-angsur kita diberi makanan sampai mencapai 600 Kalori. Kalau sehabis kelaparan itu kita salah makan, bisa sakit. Jika berat yang dikehendaki belum juga tercapai, puasa hanya minum air diulang kembali.

Diet ini bisa mengakibatkan tubuh menjadi lemah, anemia gizi, dan terkadang pingsan. Jadi, diet ini tidak disarankan, karena tubuh kita memerlukan energi untuk metabolisme basal (EMB).

EMB adalah energi yang diperlukan untuk aktivitas vital tubuh, umpamanya saja kegiatan jantung, paru-paru, organ-organ lain, persarafan, dll. Jadi, walaupun kita sedang beristirahat, energi tetap diperlukan untuk kegiatan-kegiatan tersebut.

Kebutuhan setiap orang untuk EMB tidak sama, tergantung umur, jenis kelamin, tinggi badan, dan keadaan sekitar. Kalau udara panas, metabolisme akan meningkat.

Jadi pada orang yang satu bisa 1.400 Kalori, pada orang yang lain bisa 1.600 Kalori. Untuk mudahnya, kita anggap saja 1.500 Kalori.

Rumusnya: 1 Kalori per kg Berat Badan per jam. Untuk mempermudah, berikut ini tabelnya.

Tabel 1. BMR untuk laki-laki berdasarkan berat badan


Tabel 2. BMR untuk perempuan berdasarkan berat badan


intisarionline.com

INFORMASI LENGKAP BERAGAM PROGRAM DIET, BERAGAM PROGRAM DIET (KELEBIHAN & KEKURANGANNYA), Beragam Tipe Diet, Tips Menurunkan Berat Badan, Tabel Basal Metabolisme (BMR), Tabel EMB

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Paling Populer

Agnes Monica (4) AMI Awards 2012 (1) Android (20) Aneh (86) Antivirus (4) Barcelona (15) Bau Mulut (1) BBM (1) Beasiswa (22) Beasiswa Luar Negeri (1) Beasiswa Sampoerna (2) Beasiswa Sampoerna Bisnis S1 (1) Bedah Plastik (1) Berita Dunia (25) Berita Terbaru (1213) Biaya Bedah Plastik (1) Blackberry (24) BlackBerry Curve (3) BlackBerry Messenger (4) Bulu Tangkis (1) busana (1) Cara Cepat Hamil (1) celebrity (130) Cepat Terindex Google (1) Diet (11) Euro 2012 (7) Facebook (13) fashion 2012 (1) fenpmena (1) Film (2) Film Hollywood (11) Film I Am (1) Film Indonesia (2) Film Terbaru (2) finansial (2) food (2) Foto (250) Free Download (5) Gadget (26) Game (18) Gempa Bumi (15) Gempa Indonesia (10) Gerhana Bulan (2) Gol Suarez (1) Google (10) Grammy Awards (2) Gratis Software (4) Great Tips (8) Gunung Indonesia (1) Hacker (4) Harga Tiket (1) Hasil Undian Liga Champion (4) Honda (3) Horoskop (1) Horoskop Terbaru (1) HTC (5) IMAX (1) Indonesia Super League (1) Indonesian Idol (1) Info (12) Instagram (1) Internet (14) iPad (6) iPad 3 (2) iPhone (11) iPhone 5 (7) ISL (1) Jadwal Puasa (3) Justin Bieber (11) Kamera (2) Kartu Inafis (2) Karya Tulis Ilmiah (1) Kata Cinta (2) Kecantikan (39) Kesehatan (258) Komputer (8) Korea (196) Kuliner (1) Kumpulan SMS (1) Kurikulum Pendidikan (1) LA Light (1) Lady Gaga (13) Laruku (1) Lebaran (9) Lee Min Ho (1) LG Optimus (1) Liga BBVA (1) Liga Champions (26) Liga Europa (7) Liga Inggris (31) Liga Italia (16) Liga Jerman (1) Liga Primer Inggris (30) Liga Profesional PSSI (2) Liga PSSI (1) Liga Spanyol (32) Liga Super Indonesia (2) Lionel Messi (1) Lowongan Kerja (3) Lucu Aneh Ajaib (18) Manchester United (11) Metode Diet (2) MIVO TV Online (1) Mobil (1) MOTOGP (8) Motor (7) Music (65) new (1) New iPad (2) News (74) Nokia (3) Nokia 808 (1) Nokia Terbaru (1) Olahraga (4) Olimpiade 2012 (4) Otomotif (62) Papua (1) Peluang Usaha Dan Bisnis (1) Pemeras Operator (1) Pendidikan (22) Piala Dunia (4) Piala Eropa 2012 (2) Piala Liga 2012 (1) PILGUB DKI 2012 (2) Politik (29) PON XVIII Riau 2012 (1) Ponsel (18) Properti (6) Proposal Penelitian (1) Puasa Ramadhan (10) Ramalan (17) Ramalan Bintang (1) Ramalan Terbaru (1) Ramalan Zodiak (1) Samsung Galaxy (11) Seksual (2) Selamat Tahun Baru (1) Selebriti (140) SEO (2) Sepakbola (174) Serba Serbi (29) Smartphone (5) SMS (4) Sport (15) Super Junior (50) Syahrini (5) Tablet iPad (8) tekno (1) Teknologi (69) Telkomsel (1) Thomas Dan Uber Cup 2012 (1) Timnas Indonesia (5) tinju (1) Tips (321) Tips Langsing (32) Tips Mendidik Anak (26) Tips Merawat Anak (31) Toyota Avanza (6) Travel (2) TV Online (1) Twitter (14) Uero 2012 (2) Unik (160) Universitas Terfavorit 2012 (1) Video (296) Windows 8 (6) Xenia (2) Yahoo (1) Youtube (187)
Masih Proses...
Sponsored By :Berita Update Terbaru.