EXIT Jangan Lupa Klik Like Ya

Sunday

SERBA SERBI KEHAMILAN | WASPADAI SAAT KETUBAN MEREMBES

INFO LENGKAP MENGENAI KETUBANSERBA SERBI KEHAMILAN | WASPADAI SAAT KETUBAN MEREMBES. MEMASUKI usia kehamilan trimester ketiga tiba-tiba ibu hamil mengeluarkan cairan dari vagina seperti mengompol. Selain keluarnya cairan ini tak dapat ditahan, si ibu pun tak merasakan mulas maupun sakit. Dalam istilah medis, kondisi ini biasanya disebut dengan ketuban pecah dini. Baca juga PANDUAN LENGKAP SAAT ANAK PILEK | TIPS TEPAT ATASI HIDUNG MELER & TERSUMBAT dan KASUS 'GAYUS' 2 5 MODUS KONGKALINGKONG OKNUM DI DITJEN PAJAK
Sebenarnya ada banyak pertanyaan mengenai cairan ketuban. Apa fungsinya dan seberapa bahaya jika terjadi pecah dini atau pecah sebelum waktunya? Berbahayakan kondisi tersebut bagi ibu dan janin? Mengapa bisa terjadi dan bagaimana mengatasinya? Berikut penjelasan singkatnya mengenai cairan ajaib ini agar ibu hamil mendapatkan informasi yang jelas dan tepat:

Pengertian Ketuban

dr Riyana Kadarsari SpOG, mendefinisikan ketuban sebagai cairan yang bersifat memberikan nutrisi dan proteksi yang terdapat dalam kantong amnion. Cairan seperti air ini berasal dari plasma ibu dan melewati membran janin dengan tekanan osmotik dan hidrostatik. Setelah plasenta dan pembuluh darah janin terbentuk, cairan ini lewat melalui jaringan fetus, seperti melewati kulit. Setelah 20 minggu ketika terjadi keratinisasi kulit (suatu proses pembentukan lapisan keratin dari sel-sel yang membelah), jumlah cairan ketuban bergantung pada faktor-faktor yang memengaruhi sirkulasi cairan ketuban, misalnya urin janin.

“Awalnya cairan ketuban terdiri dari air dan elektronik, namun setelah 12-14 minggu akan berisi protein, lemak, fosfolipid dan urea yang membantu pertumbuhan janin,” ucap dokter yang berpraktik di RS Hermina Ciputat ini.

Volume Ketuban

Rupanya, volume ketuban meningkat seiring pertumbuhan janin.

“Dari 10-20 minggu jumlahnya meningkat dari 25 cc sampai 400 cc. Sebab usia 8 minggu, ginjal bayi berfungsi dan urin janin tampak dalam cairan. Lalu, jumlah cairan ketuban normal mencapai 1 liter pada usia 36 minggu dan menurun sampai 200 cc pada usia 42 minggu,” terang Riyana.

Fungsi Ketuban

Salah satu hal yang harus menjadi perhatian oleh BuMil ada jumlah air ketuban. Lantas, mengapa ketuban itu penting dalam kehamilan?

“Memberikan ruang agar tulang-tulang bayi berkembang dengan normal, membantu perkembangan paru-paru, juga menghindari terjadinya kompresi pada tali pusat janin,” paparnya menjelaskan.

Infeksi Penyebab Ketuban Pecah/Merembes

Ternyata, infeksi mesti diwaspadai oleh Ibu hamil. Riyana mengamini bahwa ketuban pecah atau merembes karena adanya kontraksi dari mulut rahim yang disebabkan infeksi. Penyebab paling sering infeksi dari vagina dengan gejala keputihan yang tidak normal (banyak, gatal, kuning kehijauan, bau amis), infeksi saluran kemih, infeksi di luar genital (infeksi gigi dan mulut).

“Infeksi akan merangsang pengeluaran mediator peradangan, memicu kontraksi, menginfeksi mulut rahim, lalu menjalar ke selaput ketuban (chorioamnionitis), sehingga selaput ketuban menipis dan mudah pecah ketika terjadi kontraksi. Bila ketuban pecah sebelum masuk fase aktif persalinan disebut ketuban pecah dini, maka jika lebih dari 24 jam akan menyebabkan infeksi pada bayi,” ungkap Alumnus FK-UI ini.

Apa yang harus dilakukan?

Segera periksakan diri ke dokter jika ibu mendapati ada tetesan atau cairan yang mengalir keluar dari vagina. Sebab pemerikasaan yang dilakukan oleh dokter akan menentukan Pemeriksaan apakah janin masih bisa tetap tinggal di dalam rahim atau sebaliknya. Umumnya setelah ketuban pecah, dokter akan memantau kondisi ibu dan janin. Bila ditemukan air ketuban yang banyak dan jernih, berarti keadaan janin masih baik sehingga ibu hamil bisa terus mempertahankan kehamilannya.

Berikut ini beberapa kondisi kehamilan dengan pengobatan yang berbeda:

1. Jika kehamilan kurang dari 38 minggu akan dilakukan metode konservatif. Ibu hamil diwajibkan istirahat, dibantu dengan pemberian obat-obatan yang tidak menimbulkan kontraksi, biasanya melalui infus.
2. Bila si bayi belum cukup besar, dokter akan memberikan obat-obatan untuk mematangkan paru-parunya agar jika terpaksa dilahirkan, janin sudah siap hidup di luar rahim ibunya. Kecuali itu, ibu pun akan diberi antibiotika untuk mencegah infeksi.
3. Ibu hamil harus bed rest untuk mencegah air ketuban keluar dalam jumlah lebih banyak. Sementara itu, lapisan kantung yang sebelumnya terbuka pun akan menutup kembali. Cairan ketuban akan dibentuk kembali oleh amnion, sehingga janin bisa tumbuh lebih matang lagi.
4. Untuk sementara waktu, berhentilah melakukan hubungan seksual bila ada indikasi yang menyebabkan ketuban pecah dini, seperti mulut rahim yang lemah.
5. Begitu mengetahui ada rembesan cairan dari vagina segera gunakan pembalut yang dapat menyerap air ketuban. Penggunaan pembalut ini pun berguna untuk memudahkan Anda membedakan cairan ketuban dengan cairan lain dari bau serta warnanya.

Ketuban Pecah, Maka Bayi Lahir…

Menurut Riyana, ada tiga pilihan persalinan ketika ketuban pecah:
- Bila ketuban pecah, sebagian besar akan merangsang terjadinya persalinan. Jika kontraksi itu baik dan diikuti dengan pembukaan rahim, maka persalinan bisa dilakukan secara normal. Tentu saja detak jantung bayi akan dipantau, mengingat risiko terjadinya kompresi pada tali pusat.

- Jika ketuban pecah tidak memicu persalinan atau berisiko terjadinya infeksi - tidak lebih dari 12 jam -, maka dilakukan induksi persalinan.

- Persalinan dengan cesar menjadi pilihan, bila tidak ada kemajuan persalinan. Artinya, terjadi kegawatan pada janin atau penyulit lainnya, tanda-tanda infeksi, seperti demam, ketuban berbau.

SERBA SERBI KEHAMILAN, WASPADAI SAAT KETUBAN MEREMBES, Tips Mencegah Infeksi Saat Hamil, Manfaat Ketuban, Pertolongan Pertama Saat Ketuban Merembes,Tips Menjaga Kesehatan Saat Hamil

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Paling Populer

Agnes Monica (4) AMI Awards 2012 (1) Android (20) Aneh (86) Antivirus (4) Barcelona (15) Bau Mulut (1) BBM (1) Beasiswa (22) Beasiswa Luar Negeri (1) Beasiswa Sampoerna (2) Beasiswa Sampoerna Bisnis S1 (1) Bedah Plastik (1) Berita Dunia (25) Berita Terbaru (1213) Biaya Bedah Plastik (1) Blackberry (24) BlackBerry Curve (3) BlackBerry Messenger (4) Bulu Tangkis (1) busana (1) Cara Cepat Hamil (1) celebrity (130) Cepat Terindex Google (1) Diet (11) Euro 2012 (7) Facebook (13) fashion 2012 (1) fenpmena (1) Film (2) Film Hollywood (11) Film I Am (1) Film Indonesia (2) Film Terbaru (2) finansial (2) food (2) Foto (250) Free Download (5) Gadget (26) Game (18) Gempa Bumi (15) Gempa Indonesia (10) Gerhana Bulan (2) Gol Suarez (1) Google (10) Grammy Awards (2) Gratis Software (4) Great Tips (8) Gunung Indonesia (1) Hacker (4) Harga Tiket (1) Hasil Undian Liga Champion (4) Honda (3) Horoskop (1) Horoskop Terbaru (1) HTC (5) IMAX (1) Indonesia Super League (1) Indonesian Idol (1) Info (12) Instagram (1) Internet (14) iPad (6) iPad 3 (2) iPhone (11) iPhone 5 (7) ISL (1) Jadwal Puasa (3) Justin Bieber (11) Kamera (2) Kartu Inafis (2) Karya Tulis Ilmiah (1) Kata Cinta (2) Kecantikan (39) Kesehatan (258) Komputer (8) Korea (196) Kuliner (1) Kumpulan SMS (1) Kurikulum Pendidikan (1) LA Light (1) Lady Gaga (13) Laruku (1) Lebaran (9) Lee Min Ho (1) LG Optimus (1) Liga BBVA (1) Liga Champions (26) Liga Europa (7) Liga Inggris (31) Liga Italia (16) Liga Jerman (1) Liga Primer Inggris (30) Liga Profesional PSSI (2) Liga PSSI (1) Liga Spanyol (32) Liga Super Indonesia (2) Lionel Messi (1) Lowongan Kerja (3) Lucu Aneh Ajaib (18) Manchester United (11) Metode Diet (2) MIVO TV Online (1) Mobil (1) MOTOGP (8) Motor (7) Music (65) new (1) New iPad (2) News (74) Nokia (3) Nokia 808 (1) Nokia Terbaru (1) Olahraga (4) Olimpiade 2012 (4) Otomotif (62) Papua (1) Peluang Usaha Dan Bisnis (1) Pemeras Operator (1) Pendidikan (22) Piala Dunia (4) Piala Eropa 2012 (2) Piala Liga 2012 (1) PILGUB DKI 2012 (2) Politik (29) PON XVIII Riau 2012 (1) Ponsel (18) Properti (6) Proposal Penelitian (1) Puasa Ramadhan (10) Ramalan (17) Ramalan Bintang (1) Ramalan Terbaru (1) Ramalan Zodiak (1) Samsung Galaxy (11) Seksual (2) Selamat Tahun Baru (1) Selebriti (140) SEO (2) Sepakbola (174) Serba Serbi (29) Smartphone (5) SMS (4) Sport (15) Super Junior (50) Syahrini (5) Tablet iPad (8) tekno (1) Teknologi (69) Telkomsel (1) Thomas Dan Uber Cup 2012 (1) Timnas Indonesia (5) tinju (1) Tips (321) Tips Langsing (32) Tips Mendidik Anak (26) Tips Merawat Anak (31) Toyota Avanza (6) Travel (2) TV Online (1) Twitter (14) Uero 2012 (2) Unik (160) Universitas Terfavorit 2012 (1) Video (296) Windows 8 (6) Xenia (2) Yahoo (1) Youtube (187)
Masih Proses...
Sponsored By :Berita Update Terbaru.