EXIT Jangan Lupa Klik Like Ya

Monday

INFO LENGKAP VITAMIN & MINERAL YANG DIBUTUHKAN TUBUH | Vitamin-Vitamin Penting untuk Tubuh

MANFAAT VITAMIN & MINERAL UNTUK KESEHATANINFO LENGKAP VITAMIN & MINERAL YANG DIBUTUHKAN TUBUH | Vitamin-Vitamin Penting untuk Tubuh . ASUPAN vitamin dan mineral dibutuhkan guna mendukung metabolisme tubuh. Agar berjalan normal dan lancar, sumber asupan vitamin dan takarannya pun harus disesuaikan sebaik mungkin. Baca juga TIPS MENCEGAH KANKER DENGAN CARA SEDERHANA | 5 Langkah Sederhana Mencegah Kanker dan VIDEO ANJING PINTAR NYANYI & MAIN PIANO [YOU TUBE] | Petu, Anjing Pintar Jago Main Piano
Berikut vitamin-vitamin yang dibutuhkan tubuh Anda, sebagaimana dilansir Health, Minggu (11/3/2012).

Betakaroten

Betakaroten merupakan penangkal radikal bebas (antioksidan) yang banyak ditemukan pada sayur dan buah seperti wortel, ubi jalar, dan paprika hijau.

Sebagai antioksidan, betakaroten berfungsi menyelamatkan tubuh dari senyawa-senyawa berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Salah satunya, sel kanker.

Tetapi, hal tersebut terbantah ketika sebuah studi 2004 menemukan bahwa suplemen yang mengandung betakaroten sebenarnya dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru pada perokok.

Salah satu asal muasal adanya radikal bebas dalam tubuh adalah bahan kimia industri yang termasuk di dalamnya obat-obatan. Agar aman, dapatkan manfaat betakaroten dari sayur dan buah-buahan alami.

Kalsium

Tubuh kita membutuhkan kalsium yang sebagian besar ditemukan dalam produk olahan susu seperti susu yang dijual di pasaran, yoghurt, dan keju untuk memertahankan kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Suplemen bisa dijadikan pilihan jika Anda tidak suka atau alergi terhadap susu, tetapi baiknya Anda bijak mengonsumsinya jika rentan terhadap batu ginjal atau berusia lebih dari 70 tahun.

Pasalnya, sebuah laporan 2010 mengemukakan adanya keterkaitan antara suplemen kalsium dengan risiko serangan jantung pada wanita yang menopause.

Jika Anda ingin mengonsumsinya, jangan mengambil lebih dari 500 miligram per satu tablet dan konsumsi bersamaan dengan vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium.

Asam folat

Asam folat merupakan vitamin yang diperlukan oleh anak-anak dan orang dewasa untuk memproduksi sel darah merah dan mencegah anemia.

Manfaat asam folat juga sangat besar bagi wanita hamil. Asupan asam folat yang cukup sebelum dan selama kehamilan akan mencegah timbulnya cacat bawaan otak dan saraf tulang belakang pada bayi.

Asam folat dapat ditemukan dalam sereal sarapan yang telah difortifikasi (diperkaya), sayuran berwarna hijau tua, kacang-kacangan, citrus jeruk, roti, dan pasta.

Dalam satu hari normal seseorang membutuhkan sebanyak 400 mikrogram, sedangkan ibu hamil atau ibu yang sedang menyusui membutuhkan 600 mikrogram. Menurut badan kesehatan nasional Inggris (NIH), jumlah tersebut bisa didapatkan dari makanan, suplemen, atau keduanya. Kini sedang diteliti apakah folat dapat memerangi kanker, penyakit jantung, ataupun penyakit mental.

Besi

Anda mungkin tidak menyukai makanan yang memiliki zat besi tertinggi seperti (hati dan jeroan lainnya). Tetapi Anda harus tetap dapat memiliki mineral yang sangat penting untuk berfungsinya sel darah merah dan mencegah anemia.

Untuk itu, cobalah mendapatkan zat besi dari sumber makanan dari daging tanpa lemak, makanan laut, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau. Namun, Anda mungkin perlu suplemen jika menderita anemia atau dokter meresepkan mereka sebelum operasi. Bagi wanita yang sedang hamil atau menstruasi, juga membutuhkan manfaat tersebut.

Multivitamin

Pil-pil multivitamin diciptakan untuk menyokong asupan gizi pada orang-orang yang kurang mengoptimalkan asupan nutrisinya. Tetapi, pil-pil mulitivitamin bukanlah yang bermanfaat menyelamatkan sebuah nyawa. Pasalnya, sebuah penelitian besar pada 2009 gagal menemukan efek menguntungkan dari vitamin untuk mencegah kanker ataupun kematian dari seorang wanita menopause.

Kalium

Kalium dapat menurunkan tekanan darah, mengatur denyut jantung agar lebih teratur, dan melawan efek sodium terlalu banyak. Kalium dapat ditemukan dalam pisang, kismis, sayuran hijau, jeruk, dan susu.

Pertimbangkan penggunaan suplemen jika Anda mengonsumsi tablet kalium, karena potensi berisiko tinggi hipertensi dan penyakit jantung. Perlu diketahui bahwa terlalu banyak kalium bisa berbahaya bagi orangtua dan orang dengan penyakit ginjal.

Selenium

Tubuh membutuhkan sejumlah kecil antioksidan ini yang ditemukan dalam daging, makanan laut, telur, dan roti. Sebuah studi menemukan, bahwa mengonsumsi 200 mikrogram sehari mengurangi risiko prostat, paru, dan kanker kolorektal.

Kendati demikian, jangan mengandalkan selenium untuk menurunkan kemungkinan Anda terserang kanker. Pasalnya, terlalu banyak selenium dalam tubuh akan memicu terjadinya penyakit selenosis dengan gejala kerusakan pencernaan dan saraf.

Vitamin C

Vitamin yang paling populer di antara vitamin lainnya ini dapat ditemukan dalam buah jeruk, stroberi dan keluarga buah-buahan berry lain, kiwi, brokoli, kubis, dan paprika hijau.

Vitamin C memiliki banyak manfaat, beberapa di antaranya membantu menetralkan radikal bebas pada kulit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut Food and Nutrition Board dan National Academy of Sciences-National Research Council, dosis vitamin C untuk anak usia lima tahun sebesar 45 mg per hari. Sedangkan untuk dewasa sekitar 75-150 mg per hari.

Dosis yang berlebihan hanya akan sia-sia masuk ke tubuh dan akan dibuang melalui urine, bahkan bisa mengganggu fungsi tubuh. Terlalu banyak mengonsumsi vitamin C akan memiliki efek samping, seperti sakit kepala, mual, muntah, perut sakit, kelelahan, mengantuk, gangguan pencernaan, kram usus, diare, insomnia, batu ginjal, iritasi di kerongkongan, hingga pengeroposan gigi.

Vitamin D

Vitamin D yang membantu tubuh menyerap kalsium diperlukan untuk kesehatan tulang. Selain itu dapat menghancurkan dan membunuh segala macam bakteri dan virus.

Vitamin D bisa didapatkan melalui paparan sinar matahari. Terlalu sedikit vitamin D dapat berkontribusi pada osteoporosis dan rakitis pada anak. Jika kurang terpapar sinar matahari, Anda bisa mendapatkannya dari beberapa makanan yang diperkaya (telah difortifikasi) seperti tuna kaleng atau minyak ikan.

Jika memakan 85 gram ikan tuna kalengan, Anda sudah mengasup vitamun D sebanyak 200 IU atau 50 persen dari kebutuhan harian. Sedangkan minyak ikan adalah sumber terbaiknya, dalam satu sendok makan minyak ikan mengandung 1360 IU atau 340 persen kebutuhan harian vitamin Anda.

Vitamin E

Sekali waktu, peneliti berpikir antioksidan ini dapat melindungi jantung, tapi sebuah percobaan besar yang diterbitkan pada 2005 menemukan bahwa 600 IU vitamin E dari suplemen setiap hari tidak mencegah kanker ataupun menurunkan risiko serangan jantung atau stroke pada wanita setengah baya ataupun yang lebih tua.

Baru-baru ini, sebuah penelitian 2008 pun tidak menemukan manfaat dari 400 IU setiap hari pada pria paruh baya dan lebih tua. Hal ini disebabkan sumber vitamin E terbaik yang berfungsi sebagai pengusir berbagai macam racun ini adalah dari sayuran yang daunnya mengandung warna hijau, kacang-kacangan seperti kacang tanah, buah mangga, jagung, gandum, dan telur.

Ingatlah bahwa memasak dan menyimpan makanan dengan vitamin E dapat mengurangi jumlah yang Anda dapatkan. Jadi, konsumsi yang masih fresh agar manfaatnya optimal.

INFO LENGKAP VITAMIN & MINERAL YANG DIBUTUHKAN TUBUH, Vitamin-Vitamin Penting untuk Tubuh, Manfaat Vitamin untuk Kesehatan, Jenis Vitamin dan Fungsinya untuk Tubuh, Tips Bijak Konsumsi Vitamin

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Paling Populer

Agnes Monica (4) AMI Awards 2012 (1) Android (20) Aneh (86) Antivirus (4) Barcelona (15) Bau Mulut (1) BBM (1) Beasiswa (22) Beasiswa Luar Negeri (1) Beasiswa Sampoerna (2) Beasiswa Sampoerna Bisnis S1 (1) Bedah Plastik (1) Berita Dunia (25) Berita Terbaru (1213) Biaya Bedah Plastik (1) Blackberry (24) BlackBerry Curve (3) BlackBerry Messenger (4) Bulu Tangkis (1) busana (1) Cara Cepat Hamil (1) celebrity (130) Cepat Terindex Google (1) Diet (11) Euro 2012 (7) Facebook (13) fashion 2012 (1) fenpmena (1) Film (2) Film Hollywood (11) Film I Am (1) Film Indonesia (2) Film Terbaru (2) finansial (2) food (2) Foto (250) Free Download (5) Gadget (26) Game (18) Gempa Bumi (15) Gempa Indonesia (10) Gerhana Bulan (2) Gol Suarez (1) Google (10) Grammy Awards (2) Gratis Software (4) Great Tips (8) Gunung Indonesia (1) Hacker (4) Harga Tiket (1) Hasil Undian Liga Champion (4) Honda (3) Horoskop (1) Horoskop Terbaru (1) HTC (5) IMAX (1) Indonesia Super League (1) Indonesian Idol (1) Info (12) Instagram (1) Internet (14) iPad (6) iPad 3 (2) iPhone (11) iPhone 5 (7) ISL (1) Jadwal Puasa (3) Justin Bieber (11) Kamera (2) Kartu Inafis (2) Karya Tulis Ilmiah (1) Kata Cinta (2) Kecantikan (39) Kesehatan (258) Komputer (8) Korea (196) Kuliner (1) Kumpulan SMS (1) Kurikulum Pendidikan (1) LA Light (1) Lady Gaga (13) Laruku (1) Lebaran (9) Lee Min Ho (1) LG Optimus (1) Liga BBVA (1) Liga Champions (26) Liga Europa (7) Liga Inggris (31) Liga Italia (16) Liga Jerman (1) Liga Primer Inggris (30) Liga Profesional PSSI (2) Liga PSSI (1) Liga Spanyol (32) Liga Super Indonesia (2) Lionel Messi (1) Lowongan Kerja (3) Lucu Aneh Ajaib (18) Manchester United (11) Metode Diet (2) MIVO TV Online (1) Mobil (1) MOTOGP (8) Motor (7) Music (65) new (1) New iPad (2) News (74) Nokia (3) Nokia 808 (1) Nokia Terbaru (1) Olahraga (4) Olimpiade 2012 (4) Otomotif (62) Papua (1) Peluang Usaha Dan Bisnis (1) Pemeras Operator (1) Pendidikan (22) Piala Dunia (4) Piala Eropa 2012 (2) Piala Liga 2012 (1) PILGUB DKI 2012 (2) Politik (29) PON XVIII Riau 2012 (1) Ponsel (18) Properti (6) Proposal Penelitian (1) Puasa Ramadhan (10) Ramalan (17) Ramalan Bintang (1) Ramalan Terbaru (1) Ramalan Zodiak (1) Samsung Galaxy (11) Seksual (2) Selamat Tahun Baru (1) Selebriti (140) SEO (2) Sepakbola (174) Serba Serbi (29) Smartphone (5) SMS (4) Sport (15) Super Junior (50) Syahrini (5) Tablet iPad (8) tekno (1) Teknologi (69) Telkomsel (1) Thomas Dan Uber Cup 2012 (1) Timnas Indonesia (5) tinju (1) Tips (321) Tips Langsing (32) Tips Mendidik Anak (26) Tips Merawat Anak (31) Toyota Avanza (6) Travel (2) TV Online (1) Twitter (14) Uero 2012 (2) Unik (160) Universitas Terfavorit 2012 (1) Video (296) Windows 8 (6) Xenia (2) Yahoo (1) Youtube (187)
Masih Proses...
Sponsored By :Berita Update Terbaru.