Pages

Thursday

BENTUK 5 DESIGN BARU BANDARA SOEKARNO-HATTA 2012 | Soekarno-Hatta Akan Menjadi Bandara Aerotropolis Di Indonesia.

Soekarno-Hatta Menjadi Bandara Aerotropolis IndonesiaBENTUK 5 DESIGN BARU BANDARA SOEKARNO-HATTA 2012 | Soekarno-Hatta Akan Menjadi Bandara Aerotropolis Di Indonesia. PT Angkasa Pura II (Persero) secara resmi akan memulai program pengembangan Bandara Soekarno Hatta menjadi sebuah kawasan Aerotropolis. Ada lima agenda besar yang akan menjadi fokus Angkasa Pura II dalam melakukan tahapan pengembangan. Lihat SIMON DITAKLUKAN LEE CHONG WEI OLIMPIADE 2012 |  Simon Kalah Dua Set Langsung 21-12 dan 21-8.




 Direktur Utama PT Angkasa Pura II Tri S Sunoko menjelaskan pengembangan Bandara Soekarno Hatta merupakan jawaban dari isu keterbatasan kapasitas penumpang yang terjadi. Hingga akhir 2011, Bandara Soekarno Hatta mampu melayani 51,5 juta penumpang pada 2011. "Kami menargetkan kapasitas Bandara Soekarno Hatta bisa mencapai 62 juta penumpang per tahun. Proyek pengembangan bandara ini ditargetkan terealisasi pada akhir 2014," kata Tri saat pembukaan peletakan batu pertama (ground breaking) pengembangan Bandara Soekarno Hatta di Cengkareng, Banten, Kamis (2/8/2012).

Melalui ground breaking tersebut, PT Angkasa Pura akan menjadikan Bandara Soekarno Hatta menjadi bandara internasional berkelas dunia. Dengan jumlah kapasitas penumpang saat ini, Bandara Soekarno Hatta menjadi bandara dengan peringkat ke-12 dalam daftar bandara tersibuk di dunia versi Airport Council International (ACI). Selain itu, pengembangan ini akan diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap ekonomi nasional sesuai Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Ada lima agenda besar yang akan menjadi fokus PT Angkasa Pura II dalam melakukan tahapan pengembangan Bandara Soekarno Hatta ini, yaitu:

1. Optimalisasi runway untuk meningkatkan kapasitas pergerakan pesawat pada landasan pacu 1 dan 2.
2. Melakukan pengembangan Terminal 3 serta merevitalisasi Terminal 1 dan 2 untuk menambah kapasitas pergerakan penumpang.
3. Melakukan pembangunan terminal kargo baru (cargo village).
4. Melakukan pengembangan fasilitas penunjang (aksesibilitas dan fasilitas lain seperti area bisnis dan komersial).
5. Membangun integrated building yaitu bangunan penghubung antara Terminal 1 dan Terminal 2 yang multifungsi dan berkonsep one stop service.

Integrated building ini tidak sekadar menjadi bangunan penghubung, tetapi merupakan bangunan yang sarat dengan berbagai fasilitas layanan untuk pengguna jasa. Di antaranya pembangunan stasiun kereta api, moda transportasi antar terminal tak berawak (people mover system), terminal bus, mal, hotel, area parkir dan sebagainya. Terkait optimalisasi landasan pacu, Tri menjelaskan upaya yang dilakukan adalah melakukan rekonfigurasi runway 1 dan 2 dengan penambahan sejumlah taxiway serta memperluas kapasitas area parkir pesawat (apron) dari 125 pesawat menjadi 174 pesawat.

Selain itu, ada program redistribusi slot time maskapai agar tidak menumpuk pada jam-jam tertentu, dibarengi dengan penambahan jam operasi hingga tengah malam pada sejumlah bandara tujuan. "Saat ini pergerakan pesawat di bandara Soekarno Hatta mencapai 52 pergerakan per jam. Dengan optimalisasi kedua runway, kapasitas pergerakan akan ditingkatkan menjadi 62 pergerakan per jam," tambahnya. Target setelah 2014 Setelah kapasitas penumpang tercapai sebesar 62 juta penumpang per tahun pada 2014, PT Angkasa Pura juga akan merencanakan pembangunan landasan pacu ketiga dan keempat yang dialokasikan di sisi utara bandara. "Awalnya runway 3 dan 4 ini adalah opsi.

Tapi melihat tren yang ada, pembangunan runway tersebut adalah keharusan," tambahnya. Dengan tambahan runway tersebut, kapasitas bandara Soekarno Hatta bisa mencapai 87 juta penumpang per tahun dan 234 pergerakan pesawat per jam. Selain itu juga melakukan pembebasan lahan secara bertahap sesuai kebutuhan hingga mencapai 830 ha. Pengembangan Terminal 3 Terkait pengembangan Terminal 3, PT Angkasa Pura II akan meningkatkan kapasitas dari 4 juta penumpang per tahun menjadi 25 juta penumpang per tahun. Rencana tersebut akan disusul dengan revitalisasi Terminal 1 dan Terminal 2.

Terminal 1 saat ini berkapasitas sembilan juta penumpang per tahun. Nantinya akan dikembangkan hingga 18 juta penumpang per tahun. Sedangkan kapasitas Terminal 2 akan dikembangkan dari 9 juta penumpang menjadi 19 juta penumpang per tahun. "Pengembangan Terminal 3 harus dilakukan lebih dulu agar operasional penerbangan yang ada sekarang tidak terganggu," tambahnya. Karena nantinya sebelum Terminal 1 dan Terminal 2 dikembangkan, seluruh kegiatan operasional akan dialihkan ke Terminal 3.

BENTUK 5 DESIGN BARU BANDARA SOEKARNO-HATTA 2012 | Soekarno-Hatta Akan Menjadi Bandara Aerotropolis Di Indonesia. Proyek Baru  Bandara Soekarno-Hatta 2012, Rincian Dana Pembangunan Bandara Soekarno-Hatta Aerotropolis 2012, Foto Design Terbaru Bandara Soekarno-Hatta 2012

No comments:

Post a Comment